INSPIRASI: “SEBELUM PELUIT BERBUNYI”

Oleh: Ary Ginanjar

NetizenPosts, Jakarta, 23/1/2017; 17.31 WIB ;

Menjelang liga kompetisi, di pinggir lapangan rumput yg hijau ada seorang pemain berkata, ” yang penting kita ini harus ikhlas kepada takdir, dan tawakkal saja pada hasil, karena semua sudah ada suratannya, jadi kita santai saja”.

Pemain ini tidak mau bicara strategi, tidak mau berlari-lari mengejar bola. Ia lebih banyak menunggu bola, lalu berkata ” saya tunggu takdir kapan bola akan mampir ke kakiku”.

Lalu tiba-tiba peluit berbunyi dan kita teringgal 11-0….barulah kita sadar bahwa kita kalah…

Coba lihatlah di sekitar kita. Beginilah kebanyakan yang terjadi, ” kalah sebelum bertanding, pasrah sebelum bertarung”. Akibatnya kita kalah di mana-mana. Kalah di semua sektor. Kalah di segala sisi. Khususnya kalah di sisi ekonomi…. kalah di dunia yang penuh persaingan.
Kalah dalam “fastabiqul khoirot”.

Sekarang seolah kita baru tersadar…kita baru terbangun dari tidur.., tapi semua sudah dimiliki dan sudah dikuasai orang lain. Kita hanya mayoritas dari sisi jumlah. Tapi minoritas dari sisi politik dan ekonomi. Kata Nabi ” lemah seperti buih di samudra “.
Ibarat dalam sebuah pertandingan sepak bola, kita baru sadar dan terbangun bahwa kita telah kebobolan 11- 0 ….!!!

Kalau kita ingin merubah nasib kita harus merubah cara. Karena kalau masih terus melakukan hal yg sama tidak mungkin kita menghasilkan hasil yg berbeda.

Coba lihat Siti Hajar….ia berlari-lari dan berlari seraya berusaha. Bukan diam, diam dan diam seraya berpasrah.
Bukan juga berlari sekali lalu berhenti…, tapi harus tujuh kali tiada henti ! Ingat Shafa-Marwah itu syiar Allah.

Jangan lupa juga bahwa iman pada takdir terletak di no 6 dalam urutan rukun iman, bukan di nomor satu.

Kita mesti berubah. Dan perubahan yg utama bukan karena kesempatan dan peluang usaha, serta adanya sarana dan prasarana, tapi PERUBAHAN PADA JIWA MANUSIA. Karena Allah telah menggariskan ini, bahwa, ” tidak berubah nasib suatu kaum sebelum mereka merubah jiwa “.

Sisa waktu pertandingan sepak bola masih ada.., dan peluit belum dibunyikan… Masih ada sisa waktu meskipun tinggal sedikit saja….

Dengar kata muazin “Ayo meraih kemenangan”,
bukan menunggu nasib sampai dikalahkan.
Hayya alassholah !
Hayya alal fallah !

Rawe-rawe rantas malang-malang putung !
Rambate rata hayo !
Ary Ginanjar


(: NP-001-01-2017)

Advertisements

12 Falsafah hidup Jawa untuk Membangun Kedamaian Hidup

 

NetizenPosts, Jakarta, 13/1/2017, 8.58 WIB ;

 

Seorang Netizen mengirimkan petuah lama yang tumbuh di masyarakat Jawa.
Semoga mengingatkan kita…

[1] URIP IKU URUP
[Hidup itu nyala, hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita]

[2] MEMAYU HAYUNING BAWONO, AMBRASTA DUR HANGKORO
[Harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan serta memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak]

[3] SURA DIRA JOYONINGRAT, LEBUR DENING PANGASTUTI
[Segala sifat keras hati, picik, angkara murka hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut hati dan sabar]

[4] NGLURUK TANPO BOLO, MENANG TANPA NGASORAKE, SEKTI TANPA AJI-AJI, SUGIH TANPA BONDHO
[Berjuang tanpa perlu membawa massa, Menang tanpa merendahkan/ mempermalukan, Berwibawa tanpa mengandalkan kekuasaan/kekuatan/kekayaan/ keturunan, Kaya tanpa didasari hal2 yg bersifat materi]

[5] DATAN SERIK LAMUN KETAMAN, DATAN SUSAH LAMUN KELANGAN
[Jangan gampang sakit hati manakala musibah menimpa diri, Jangan sedih manakala kehilangan sesuatu]

[6] OJO GUMUNAN, OJO GETUNAN, OJO KAGETAN, OJO ALEMAN
[Jangan mudah terheran-heran, Jangan mudah menyesal, Jangan mudah terkejut dgn sesuatu, Jangan kolokan atau manja]

[7] OJO KETUNGKUL MARANG KALUNGGUHAN, KADONYAN LAN KEMAREMAN
[Janganlah terobsesi atau terkungkung dengan kedudukan, materi dan kepuasan duniawi]

[8] OJO KUMINTER MUNDAK KEBLINGER, AJA CIDRA MUNDAK CILAKA
[Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah, Jangan suka berbuat curang agar tidak celaka]

[9] OJO MILIK BARANG KANG MELOK, AJA MANGRO MUNDAK KENDHO
[Jangan tergiur oleh hal2 yg tampak mewah, cantik, indah dan jangan berfikir gamang/plin-plan agar tidak kendor niat dan kendor semangat]

[10] OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNO
[Jangan sok kuasa, sok besar/kaya, sok sakti].

[11] ALANG ALANG DUDU ALING ALING , MARGINING KAUTAMAN.
[Persoalan persoalan dlm kehidupan bukan penghambat , jalannya kesempurnaan].

[12] SOPO WERUH ING PANUJU sasat SUGIH PAGER WESI.
( Dalam kehidupan siapa yg punya cita2 luhur, jalannya seakan tertuntun….).

Semoga Bermanfaat.


 

(: NP-01-001/2017)

INSPIRASI: “Sebuah Catatan Kecil”

NetizenPosts, Jakarta, 13/1/2017; 6.34 WIB ;

Kiriman dari seorang Netizen yang tidak menyebut namanya, tapi pesannya sangat mendalam dan inspiratif.

Dulu waktu gaji 1.2jt an. Hp cukup Nokia 3310, yg penting bisa kring. Motor bebek Honda Astrea sudah hebat bisa nganter kemana-mana. Meski ngontrak dirumah petak 300rb perbulan serasa surga dunia. Istri rajin masak dirumah, kalo pulang sayur sop dan kopi tubruk dah siap dimeja.

Hidup tetap berjalan dan tetap happy meski sederhana.

Setahun kemudian gaji sudah 5jt an. Istri minta hp juga biar tik tok lebih enak, kalo ada apa gampang telpon. Honda astrea mesti dijual karna kurang keren ganti mega pro, ngangsur 500rb perbulan gapapa biar trendi dikit. Ngontrak mesti pindah kerumah yang bulanan bujet 700rb alih alih perabot mulai banyak gak muat kalo rumah petakan. Istri dah mulai malas masak karna KFC dan Mc Donal lebih enak dan praktis.

Hidup tetap berjalan, happy dan mulai timbul angan angan pingin ini pingin itu kalo gaji papa naik lagi.

Lima tahun kemudian gaji dah 8jt an. Hp jadul mesti diganti dgn yg touchscreen, nokia melayang ganti sony ericson keluaran terbaru Experia. Mega pro gak cocok lagi wajib ganti Ninja biar ngacir, ngutang gak apa apa kan gaji naek terus. Rumah dah pindah di cluster meski KPR 20 th perbulan 1.8jt.

Pola makan dan ngikut artis wisata kuliner,,,KFC gak kelas, sekarang minimal solaria, steak 21, kopi TM yg menu nya aneh aneh, ada chiken mozarela, chiken cordonblue ada juga ikan asin keju ha ha ha

Hidup terus berjalan, happy tapi agak nyut nyutan bayar hutang,,,dulu yg gak pernah ribut ma istri sekarang dah mulai cek cok urusan ngatur duit. Dah mulai punya visi hidup sebagai orang kaya baru,,,,,jiahhh

Sepuluh tahun kemudian gaji 15jt.
Digarasi udah ada XENIA … sstttt kabarnya utang di Leasing 3,1jt per bln x 4th, mesti istri keberatan tapi kata papa “gak pa pa ma, papa butuh challenge/tantangan yg lebih biar semangat kerja” cie cie …

Hmmm dompet mama sekarang tebal isinya mandiri credit card, BNI credit card, BCA credit card dan kartu pegadaian,,,, heeeee…

Ternyata makin tinggi gaji kita makin banyak yg kita mau

Ternyata uang bisa merubah segalanya.

Ternyata berapapun uang yang kita punya gak akan pernah mampu mencukupi nafsu duniawi.

Padahal…meski uang kita banyak, pilihan untuk dikendalikan atau mengendalikan uang tetap ada pada diri kita.

Padahal..kita bisa tetap punya penghasilan tinggi namun tetap sederhana.

Padahal…kita masih bisa tetap tercukupi meski dengan gadget yg sederhana sekalipun.

Padahal…kita juga tahu bahwa apapun yag kita makan, produk yg dikeluarkan tidak akan pernah berubah dan pasti terbuang di lubang toilet.

Jangan malu hidup sederhana karena sederhana itu sikap hidup BUKAN pelit.

Jangan malu makan masakan istri karena lebih sehat, bersih dan bergizi.

Jangan malu tidak punya kartu kredit. Karna pengguna kartu kredit kebanyakan dipakai karna gak punya uang cash.

Jangan diperbudak oleh trend, hp, motor dan mobil…jika engkau turuti gak akan pernah habis engkau beli…..

Ingat,,,!! berlebih lebihan itu temannya setan

INGAT …
Agama mengajarkan kita untuk hidup sederhana dan berbagi.
Jadi biasakanlah untuk membagi kebahagiaan yang engkau peroleh dengan keluarga, tetangga dan org disekitarmu.

Dan selalulah engkau ingat, Jika kita pandai bersyukur maka Tuhan akan menambah berkat yang engkau peroleh….

Saat berpulang ke sisi-NYA…tidak ada apapun yg terbawa…sedang catatan harta kekayaan hanya akan jadi pertanyaan akhirmu dari mana kau dapatkan dan untuk apa kau gunakan…


 

(: NP-01-001/2017)

INSPIRASI : “Jika Engkau”

NetizenPosts, Jakarta, 11/1/2017, 20.22 WIB ;

Oleh : K.H Maimun Zubair

Jika engkau melihat seekor semut terpeleset dan jatuh di air, maka angkat dan tolonglah…barangkali itu menjadi penyebab ampunan bagimu di akherat.

Jika engkau menjumpai batu kecil di jalan yang bisa menggangu jalannya kaum muslimin, maka singkirkanlah, barangkali itu menjadi penyebab dimudahkannya jalanmu menuju syurga.

Jika engkau menjumpai anak ayam terpisah dari induknya, maka ambil dan susulkan ia dengan induknya, semoga itu menjadi penyebab Allah mengumpulkan dirimu dan keluargamu di surga.

Jika engkau melihat orang tua membutuhkan tumpangan, maka antarkanlah ia…barangkali itu mejadi sebab kelapangan rezekimu di dunia.

Jika engkau bukanlah seorang yang mengusai banyak ilmu agama, maka ajarkanlah alif ba’ ta’ kepada anak2 mu, setidaknya itu menjadi amal jariyah untukmu..yang tak akan terputus pahalanya meski engkau berada di alam kuburmu.

JIKA ENGKAU TIDAK BISA BERBUAT KEBAIKAN SAMA SEKALI, MAKA TAHANLAH TANGAN DAN LISANMU DARI MENYAKITI….SETIDAKNYA ITU MENJADI SEDEKAH UNTUK DIRIMU.

Al-Imam Ibnul Mubarak Rahimahullah berkata:

رُبَّ عَمَلٍ صَغِيرٍ تُعَظِّمُهُ النِّيَّةُ ، وَرُبَّ عَمَلٍ كَبِيرٍ تُصَغِّرُهُ النِّيَّةُ

“Berapa banyak amalan kecil, akan tetapi menjadi besar karena niat pelakunya. Dan berapa banyak amalan besar, menjadi kecil karena niat pelakunya”

Jangan pernah meremehkan kebaikan, bisa jadi seseorang itu masuk surga bukan karena puasa sunnahnya, bukan karena panjang shalat malamnya tapi bisa jadi karena akhlak baiknya dan sabarnya ia ketika musibah datang melanda

Rasulullah bersabda:

« لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ ».

“Jangan sekali-kali kamu meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun (hanya)bertemu dengan saudaramu dalam keadaan tersenyum”.(HR. Muslim)

Mari awali hari ini dg pikiran dan prilaku positif, semangat meraih hasil terbaik serta saling mendoakan akan keberkahan.. Aamiin…

Renungan untuk kita selalu muhasabah…..
Semoga bermanfaat.🙏

OPINI: “Dagang”

NetizenPosts, Jakarta, 8/1/2017, 16.41 ;

 

Seorang Netizen mengirimkan tulisan ini. Sangat inspiratif.

Salim A Fillah | Quotes Telegram:
DAGANG (Bagian 2)
@salimafillah

Pernah makan cenil?

Itu makanan terbuat dari tepung kanji yang dimasak menjadi camilan kenyal seukuran ibu jari, dicomoti, dan tersaji warna-warni. Taburannya adalah kelapa parut yang dikukus bersama pandan wangi. Seperti lopis ketan yang memang sering ditawarkan bersamanya, kuah gula kental juga diguyurkan lengket-lengket di atasnya.

Nah, ini cerita tahun 1990-an ketika serombongan dosen dalam perjalanan melakukan penelitian di suatu pedesaan Yogyakarta.

Mereka berjumpa dengan seorang ibu tua penjual cenil keliling. Merasa agak sesat jalan, dengan gagah salah satu anggota rombongan turun dan bertanya tentang arah. Dengan ramah si ibu menjawab. Kala melihat dagangannya, tertariklah sang dosen bertanya, “Bu, jualan cenil begini sehari bisa dapat berapa?”

“Alhamdulillah Nak, kalau habis ya rata-rata bisa bawa pulang 50 ribu.” Di zaman itu, nilai ini kecil juga, tapi lumayan.

“Kami beli semua ya Bu. Ini uangnya 100 ribu.”

“E Allah, ya jangan semua to Nak. Ini saya masih keliling. Kasihan langganan lain yang siapa tahu menunggu-nunggu berharap saya lewat. Nanti kecewa, hehe… Nah sudah, dihitung saja, rombongannya ada berapa?”

“Ada 6 Bu. Tapi boleh ya kami beli banyak?”

“Lha rak tenan cuma enam. Lha kok mau beli banyak itu terus siapa nanti yang makan? Mubadzir malah dosa lho.”

“Kami kuat makan banyak kok Bu. Kayaknya cenilnya enak sekali.”

“E, ya ndak boleh berlebihan. Nanti kalau malah sakit perut bahkan diare bagaimana? Repot semua to? Sudah, ini saya bungkuskan 6 saja.”

“Ini uangnya njih Bu”, kata si dosen sambil tetap mengulurkan seratus ribuan.

“Lho, kalau 6 bungkus itu ya cuma 6 ribu. Saya ndak punya kembalian.”

“Lho Bu, ini kami ikhlas. Tolong seratus ribunya diterima.”

“Ya ndak bisa to Mas. Lha wong cenil kok seratus ribu hehe. Sudah kalau ndak punya uang kecil, dibawa saja cenilnya. Hadiah dari saya untuk Mas Guru-Mas Guru yang pinter-pinter, biar makin semangat mencerdaskan bangsa, seperti di tipi-tipi itu, hehe…”

“Kalau begitu, ibu ikut naik mobil kami ya, kami antar ke tempat jualannya.”

“Saya itu kalau naik mobil itu pusing dan mual je, hehe… Sudah monggo dilanjutkan perjalannya. Yang penting dunga-dinunga, saling mendoakan. Sugeng tindak.”

Duhai para jamhur sarjana, maka teori ekonomi manakah yang mampu menjelaskan perilaku dagang penjual cenil yang agung ini?

 


Sumber: https://www.instagram.com/p/BO8VEvLgSKG/

 


(: NP-01-001/2017)

 

TIPS: Taruh Kunci Mobil di Dekat Tempat Tidur Anda.

NetizenPosts, Jakarta, 5/1/2016, 21.39 WIB ;

Kiriman dari Netizen, belajar dari kasus Pulomas; ada baiknya dishare lagi:

“SELALU TARUH KUNCI MOBIL DI DEKAT TEMPAT TIDUR ANDA !”

Tolong SHARE kiriman ini dan sampaikan kepada pasangan anda, teman² anda, tetangga, pemilik toko dekat rumah, dokter anda, dan semua orang (yang memiliki mobil tentunya), agar mereka meletakkan kunci mobil di dekat ranjang sebelum mereka tidur.

Ketika di malam hari anda mendengar suara² di luar, dan anda merasa bahwa ada orang yg sedang mencoba menyusup ke dalam rumah (pencuri, perampok, pemerkosa), dan di saat yg sama mendadak listrik mati (dimatikan oleh penyusup), SEGERA TEKAN TOMBOL ALARM MOBIL ANDA.. alarm tersebut akan terus menyala hingga anda sendiri yg mematikan atau accu mobil habis.

Ini merupakan salah satu TIPS KEAMANAN yg saya dapat dari seorang teman yg memperolehnya dari ketua RT setempat. Pak RT ini memberikan himbauan kpd warganya agar apabila mendengar alarm mobil salah satu warga menyala dan tidak ber-henti², maka itu adalah TANDA PERINGATAN bahwa warga tsb membutuhkan bantuan.

Alarm mobil TERNYATA adalah sebuah sistem KEAMANAN yg tanpa kita sadari SUDAH KITA MILIKI, tanpa perlu instalasi di rumah, tanpa memerlukan listrik rumah dan sulit dimatikan oleh siapapun.

Ketika alarm mobil dinyalakan dan terus berbunyi otomatis akan membangunkan tetangga, satpam kompleks, hansip dan orang² lain di lingkungan anda, dan bahkan tidak jarang mereka akan keluar, mendatangi rumah anda, jika mereka sadar anda dalam bahaya mereka dapat SEGERA memberikan pertolongan atau menghubungi polisi.

Alarm mobil juga berguna untuk melindungi anda di tempat² umum seperti tempat parkir misalnya. Selalu pegang kunci mobil di dalam saku saat anda sedang berjalan menuju tempat parkir kendaraan. Ketika anda merasa diikuti orang atau mengalami tindakan yg membutuhkan bantuan, upaya pemerkosaan dan pelecahan seksual, segara tekan tombol alarm mobil, maka orang² di sekitar akan terpancing perhatiannya.

Dalam kasus² yg lebih spesifik, kunci mobil kadang dibawa oleh orang tua / lanjut usia. Untuk rumah² berukuran besar, ketika kakek / nenek ini sedang ber-jalan² di dalam rumah dan mengalami hal² yg berbahaya, seperti terjatuh, terkena serangan jantung, refleks mereka akan mengarah kpd menekan tombol alarm kunci mobil (mudah²an masih sempat dilakukan) untuk meminta pertolongan orang rumah karna mungkin berteriak sudah tidak mampu lagi dilakukan.

Tips ini boleh dicoba bagi anda secara pribadi atau dapat pula disosialisasikan di lingkungan anda agar kita saling menjaga dan saling peduli dgn keselamatan sesama kita.
Semoga dgn SHARE Artikel ini bermanfaat dan dapat menyelamatkan kita semua.

(NA-01-001/2017)

Hikmah Shalat Dhuha

NetizenPosts, Jakarta, 4/1/2017, 8.40 ;

Tulisan berikut kiriman dari seorang Netizen yang tidak menyantumkan namanya, tapi isinya adalah sebuah nasihat yang sangat baik untuk kita kerjakan, terutama untuk muslimin/muslimah Netizens.
Bismillaahirokhmanirrokhiim..
Assalaamu’alaikum warokhmatullohi wabarokatuh..


 

doa-1


 

Keuntungan bagi kita yang selalu rajin Shalat Dhuha :

Pertama:
Orang yang shalat Dhuha akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah.

“Barangsiapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.”
(HR. Turmudzi)

Kedua :
Barangsiapa yang menunaikan shalat Dhuha ia tergolong sebagai orang yang bertaubat kepada Allah.

“Tidaklah seseorang selalu mengerjakan shalat Dhuha kecuali ia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat.”
(HR. Hakim).

Ketiga :
Orang yang menunaikan shalat Dhuha akan dicatat sebagai ahli ibadah dan taat kepada Allah.
Bahkan kalau kita melakukan 12 rakaat, Allah swt akan MEMBANGUNKAN RUMAH/ISTANA di SURGA untuk kita.

“Barangsiapa yang shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya DUA BELAS rakaat, maka Allah akan MEMBANGUN sebuah RUMAH di SURGA UNTUKnya.”
(HR. At-Thabrani).

Keempat :
Orang yang istiqamah melaksanakan shalat Dhuha kelak ia akan masuk surga lewat PINTU KHUSUS, yaitu PINTU DHUHA yang disediakan oleh Allah.

“Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama PINTU DHUHA. Apabila Kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, ‘Di manakah orang-orang yang semasa hidup di dunia SELALU mengerjakan shalat Dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala.”
(HR. At-Thabrani).

Kelima :
Allah menyukupkan rezekinya.

“Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari EMPAT rakaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan MENYUKUPIMU di akhir harimu.”
(HR. Abu Darda`).

Keenam :
Orang yang mengerjakan shalat Dhuha ia telah mengeluarkan sedekah.

“Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan DUA rakaat sholat Dhuha.”
(HR. Muslim).

Yaa Allah…, bimbing dan mudahkanlah kami untuk selalu mengamalkan sholat Dhuha. Aamiin Yaa Robbal’alamiin

Selamat bertekad untuk selalu shalat Dhuha
Semoga Allah swt meridloi…

Semoga bermanfaat…

 

(NP-01-01/2017)


 

Lelaki Paling Bahagia Di Dunia

NetizenPosts, Jakarta, 30/12/2016, 7.40 ;

Tulisan kiriman salah seorang Netizen berikut ini tidak pernah membosankan untuk dibaca berulang-ulang. Ada semacam penyegaran dan pengingat diri untuk senantiasa melakukan hal-hal yang baik dan terbaik. Tulisan yang inspiratif, enak dan perlu dibaca ini dikutip dari buku “Lelaki Yang Paling Bahagia di Dunia”, karya Sheikh Aidh AlQarni.

Berikut ini petikannya:

💙1. mulailah harimu dengan sholat fajr dan doa-doa di pagi hari agar kau mendapatkan keberuntungan dan kesuksesan

💙2. lanjutkan dengan istighfar agar syetan menghindar darimu

💙3. jangan putus berdoa, karena sesungguhnya doa merupakan tali kesuksesan

💙4. ingatlah bahwa apapun yg kau katakan akan dicatat oleh malaikat

💙5. senantiasalah optimis meskipun engkau dalam puncak kesusahan

💙6. jika engkau menghadapi kegelisahan dan berbagai kegundahan maka ucapkanlah “laa ilaaha illallahu”

💙7. belilah dengan uang dirhammu (berinfaklah) untuk mendapatkan doa orang fakir dan kecintaan orang miskin

💙8. sujud panjang dengan khusyuk itu lebih baik daripada istana2 yang megah.
💙9. berfikirlah sebelum berkata, bisa jadi satu perkataanmu bisa mematikan (menyakiti hati orang)

💙10. berhati hatilah terhadap doa orang yang didholimi dan air mata orang yang terampas haknya

💙11. Sebelum engkau membaca buku, koran dan majalah, bacalah terlebih dahulu AlQur’an

💙12. jadilah kau sebab bagi keistiqomahan keluargamu

💙13. bersungguh-sungguhlah jiwamu melaksanakan ketaatan, karena jiwa manusia itu senantiasa mengajak kepada keburukan

💙14. Ciumlah telapak tangan kedua orangtuamu, kau pasti mendapatkan keridhoan

💙15. Baju-baju lamamu merupakan baju baju baru menurut orang orang fakir

💙16. janganlah kau marah, karena hidup ini sangat singkat dari yang kau bayangkan

💙17. Engkau senantiasa bersama dzat yang maha kuat maha kaya, dialah Allah ‘azza wa jalla,

💙18. Jangan kau tutup pintu terkabulnya doa dengan melakukan maksiat

💙19. sholat adalah sebaik baik penolongmu dalam menghadapi berbagai musibah dan kelelahan

💙20. hindari berburuk sangka, kau akan mendapatkan ketenangan dan kenyamanan

💙21. penyebab dari segala kegundahan adalah berpaling dari ALLAH, maka segeralah menuju kepada Nya.

💙22. Sholatlah kau, karena sholatmu akan menemanimu di kubur

💙23. jika kau mendengar orang yang menggunjing (ghibah) maka katakanlah padanya: bertaqwalah kau kepada ALLAH

💙24. dawamkanlah (senantiasa) kau baca surat Tabarak (sural Al Mulk) karena ia adalah penyelamat

💙 25. orang yang mahruum (terhalang dari rahmat Allah) adalah orang yang terhalang dari mengerjakan sholat dg khusyuk dan mengalirkan air mata

💙26. Jangan kau hina orang mukmin yang sedang lalai

💙27. jadikanlah semua rasa cinta itu karena ALLAH dan Rasul Nya

💙28. maafkanlah orang yang menggunjingmu, karena dia telah menghadiahkan kebaikannya untukmu

💙29. sholat, tilawah, dzikir, merupakan hiasan dadamu

💙30. barangsiapa mengingat panasnya neraka maka ia akan bersabar terhadap dorongan untuk melakukan maksiat

💙31. selama qiyamullail ditegakkan, maka segala penyakit akan hilang, krisis akan berlalu, dan kesusahan akan lenyap

💙32. jauhilah “katanya dan katanya” karena kau masih punya pekerjaan bak gunung

💙33. Kerjakanlah sholat dengan khusyuk, karena segala hal yang menantimu selain sholat itu lebih rendah urusannya daripada sholat

💙34. jadikanlah mushaf senantiasa disisimu, karena membaca satu ayat Al-Quran itu lebih baik daripada dunia dan isinya

💙35. kehidupan itu indah, dan lebih indah lagi jika kau sertai iman.

💙36. Tolonglah hewan-hewan yg membutuhkan makan minum di sekitarmu, spt kucing, ayam, anjing, dsb maka rezekimu berkah!

(: Syaikh Aidh AlQarni, repost NP-01-001/2016)


 

TIPS: Berkendaraan di Saat Banjir

NetizenPosts, Jakarta, 29/12/2016; 15.16 ;

Bagi yang ingin berlibur tahun baru 2017, ada Tips bagi anda yang mungkin terjebak di lokasi banjir. Offroader nasional Julian Johan punya beberapa tips untuk anda.

Selamat menikmati liburan dengan tetap aman dan waspada terhadap segala kemungkinan di jalan.


netizenposts-julian-johan-offroader

Off-Roader Julian Johan


  1. Nyetir di tempat banjir ga perlu ngebut. Kenapa? Utk ngehindarin cipratan berlebih diruangan mesin yg berpotensi bikin mogok.
  2. Nerjang banjir paling aman pakai gigi 1 (mobil matic pindah ke L atau D2 atau 1).
    Karena beban mobil lebih berat wkt nerjang banjir.
  3. Tdk perlu resah urusan knalpot kemasukkan air. Kenapa? Karena knalpot gak akan bisa kemasukkan air selama mesin tetap nyala.
  4. Ketimbang knalpot, yg harus diperhatikan justru filter udara di ruang mesin. Bagian ini lebih rentan bikin mogok di banjir
  5. Karena filter udara yg kemasukkan air (cipratan dari menerjang banjir) bisa bikin mogok. Maka dari itu perlahan saat melintas.
  6. Jika memungkinkan, hindari berhenti di tengah banjir. Karena saat mobil berhenti, permukaan air akan naik di ruang mesin.
  7. Pada dasarnya, mobil bermesin diesel lbh aman nerjang banjir dibanding mesin bensin. Diesel lebih bersifat ‘Waterproof’.
  8. Kenapa tidak boleh terlalu digas waktu lewat banjir? Karena filter udara semakin kuat nyedot udara. Makin berpotensi ngisep air.
  9. Selalu siaga dan cermat. Tanpa disadari, yg bikin mobil kita mogok justru terjangan ombak air berlebih dari mobil sebelah.
  10. Setelah melewati genangan, jangan langsung mengebut. Cukup berbahaya karena kondisi rem kita masih sangat licin.
  11. Cara mengeringkan rem setelah melewati genangan? Cukup lakukan rem kecil berulang hingga terasa menggigit kembali.
  12. Untuk mobil manual, usahakan menghindari menginjak kopling saat berada di genangan banjir. Mengapa? Menginjak kopling di genangan banjir membuat air masuk ke transmisi. Berpotensi merusak transmisi karena oli bercampur air.
  13. Jika belum familiar dengan jalan yg dilewati. Usahakan jangan melintas pinggir jalan. Mungkin saja ada selokan.
  14. Kalo mobil ngambang terseret arus, buka semua pintu biar mobil tenggelam dan ban dapat maju. Dilarang menggunakan seat belt. Kaca dibuka untuk jaga-jaga kalo harus evakuasi keluar mobil.
  15. Yang paling aman; jika ada banjir segera berhenti sebelmnya. Lebih baik menunggu daripada keseret arus atau kesetrum listrik PLN bocor.

Semoga bermanfaat !!

(: NN Netizen)