SKK MIGAS DAN KONTRAKTOR KKS BERHASIL TEKAN ANGKA TUMPAHAN MINYAK

NetizenPosts, Jakarta, 25/01/2017, 18.05 WIB,

 

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK MIGAS) sebagai institusi yang mengawasi kegiatan usaha hulu migas berhasil menekan angka tumpahan minyak dari tahun 2013 hingga 2016. Keberhasilan tersebut diperoleh berkat kerja sama antara SKK Migas dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) di seluruh Indonesia. Pada tahun 2013, total tumpahan minyak mencapai 3025 barel sementara tahun 2016 sebesar 787 barel.

“SKK Migas dan Kontraktor KKS melakukan berbagai upaya dalam menekan jumlah tumpahan minyak, diantaranya melakukan pemeliharaan fasilitas produksi migas yang didukung oleh personil terlatih dalam operasi oil spill response dan berkoordinasi dengan aparat keamanan,” kata Kepala Humas SKK Migas, Taslim Z. Yunus di Jakarta, Selasa (25/1).

Sementara itu, Senior Manager Relations, PT. Medco E&P Indonesia, Teguh Imanto menjelaskan, tidak benar tumpahan minyak mentah milik Medco E&P Indonesia mengotori wilayah perairan Indonesia. Hal ini disebabkan lokasi lapangan minyak Medco E&P Indonesia beroperasi di wilayah darat. Selain itu, sesuai prosedur penanggulangan tumpahan minyak, seluruh tumpahan minyak (oil spill) selalu dibersihkan oleh Perusahaan tersebut untuk meminimalisasi dampak negatif terhadap lingkungan.

“Tumpahan minyak Medco E&P Indonesia sebesar 91% disebabkan oleh tindakan sabotase dan pencurian minyak (penggesekan pipa) dari oknum yang tidak bertanggung jawab,” kata Teguh. Untuk itu, Medco E&P Indonesia terus melakukan berbagai upaya dalam mencegah aksi sabotase dan pencurian minyak dengan melakukan kerja sama dengan Kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta memberdayakan masyarakat lokal. Medco E&P Indonesia dalam operasinya selalu menjunjung tinggi Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L).(***)


 

(: Ben Gentolet, NP-2017)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s