Menteri ESDM Tinjau Kelistrikan di Bali

NetizenPosts, Bali, 28/12/2016, 21.35 ;

Menteri ESDM Ignasius Jonan bersama Direktur Jenderal Ketenagalistrikan ESDM Jarman melakukan kunjungan ke PLTDG Pesanggaran dan PLN Area Pengatur Beban Bali untuk meninjau kondisi kelistrikan Bali selama periode Natal dan tahun baru 2017.

“Sejauh ini kebutuhan listrik di Bali sudah sangat mencukupi. Kondisi listriknya sangat aman,” tutur Jonan usai melakukan peninjauan PLTDG Pesanggaran.


 

netizenposts-jonan-menteri-esdm

Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral RI, Ignasius Jonan.


 

Kondisi kelistrikan Bali saat ini memiliki beban puncak mencapai 860 MW dengan kondisi beban puncak siang mencapai 800 MW. Dengan kondisi tersebut, Bali masih memiliki cadangan daya sebesar 24 % dari total daya mampu mencapai 1300 MW. Pada malam Natal 2016 beban puncak tertinggi hanya mencapai 791 MW atau turun sebesar 8% dari beban puncak tertinggi yang terjadi pada pukul 19.30

Berbeda dengan perayaan Natal, pada malam pergantian tahun PLN memprediksikan akan terjadi penurunan beban puncak yang lebih besar hingga 20 % dari beban puncak tertinggi. Beban puncak siang hari diprediksi hanya 615 MW pada pukul 14.30 sedangkan beban puncak malam hanya 687 MW pada pukul 19.30.

“Penurunan beban puncak yang tidak terlalu besar ini disebabkan karena sebagian besar pelanggan PLN di Bali berasal dari pelanggan Rumah Tangga dan Bisnis karena seperti diketahui bisnis yang ada di Bali sebagian besar berkaitan dengan wisata sehingga pemakaian cenderung normal,” kata Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat Murtaqi Syamsuddin.

Lebih lanjut, PLN Bali sendiri memprediksi pertumbuhan beban puncak pada tahun 2017 mendatang mampu mencapai 972 MW atau setara dengan pertumbuhan 8,2 % dari target beban puncak 2016.

Pada kunjungannya di PLN APB Bali, Menteri ESDM memberikan apresiasi kepada petugas dispatcher dan Gardu Induk Kapal atas kerja keras menjaga kelistrikan Bali 24 jam. Bekerja dengan listrik bertegangan 150 kV, keselamatan kerja merupakan hal yang menjadi prioritas pegawai.(***)

(: Ben Gentolet, NP-01-002/2016)


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s