Peluncuran LMAN

NetizenPosts, Jakarta, 23/12/2016 ;

Pada 23 Desember 2016, bertempat di Gedung Djuanda, Kantor Kementeriaan Keuangan RI, diluncurkan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). Lembaga baru yang diberi tugas mengelola dan mengoptimalkan aset besar milik negara ini didirikan tahun yang lalu, tepatnya 18 Desember 2015, sebagai pengganti peran dan meneruskan tugas Direktorat Kekayaan Negara (DJKN) di bawah Kementerian Keuangan RI. Lembaga ini diharapkan mampu nengoptimalkan aset negara yang ada di seluruh Indonesia.


IMG_0458.JPG

Sonny Loho, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan RI


Dalam sambutannya, Direktur Jendral Kekayaan Negara, Sonny Loho, mengatakan bahwa tujuan dibentuknya lembaga ini adalah untuk mempercepat optimalisasi aset negara, sehingga dapat menjadi sumber penerimaan baru bagi negara.

“Upaya optimalisasi aset negara ini harus mendorong kemandirian dan kesinambungan kerja yang dapat memberikan sumber penerimaan baru bagi negara,” papar Sonny.

Acara yang dihadiri oleh Menteri Keuangan RI (Dr Sri Mulyani Indrawati), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Dr M. Basoeki Hadimoeljono), dan pejabat setingkat Dirjen di kedua kementerian, Kepala SKKMigas, serta pimpinan tertinggi perusahaan di BUMN.


IMG_0470.JPG

Dr Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan RI (Foto: NetizenPosts2016)


Pada sambutan kuncinya Sri Mulyani mengharapkan lembaga baru di bawah kementerian yang dipimpinnya ini dapat dengan cepat mengemban tugas yang tidak ringan ini.

“Saya bayangkan kalo kita bisa mengelola aset negara dengan baik, maka aset itu yang akan bekerja untuk kita. Bukan sebaliknya. Kita akan mendapatkan penerimaan lebih banyak bukan hanya dari pajak,” tutur Sri Mulyani.

“Kita punya beberapa aset apartemen yang berasal dari krisis perbankan di tahun 1990an yang belum dioptimalkan. Kita juga memiliki aset kebun kelapa sawit yang merupakan hasil sitaan dengna kasus yang sama. Maka saya melihat sebuah potensi yang begitu besar atas terbentuknya lembaga ini. Saya harap siapapun pejabat yang akan ditunjuk mengurusnya harus punya komitmen selalu memikirkan bagaimana mendayagunakan aset negara yang besar ini untuk kepentingan kesejahteraan rakyat. Itulah yang selalu disampaikan pak Presiden Jokowi dengan konsep Nawacita nya.”

Disebutkan juga aset migas yang besar seperti aset kilang LNG Arun dan Badak sudah masuk dalam daftar pengelolaan LMAN yang akan dioptimalkan penggunaanya. Belum lagi aset-aset KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama Migas) yang dalam 10 tahun ke depan banyak yang selesai masa kontraknya dan wajib dikembalikan kepada negara (pemerintah, red.). Di sinilah kehadiran LMAN sangat penting untuk melanjutkan kegiatan dan investasi di sektor migas dan energi. (NP-01-001/2016)


IMG_0494.JPG

IMG_0506.JPG

Plt. Direktur Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) — Foto: @NetizenPosts2016 Collection.


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s