Mengubah “Kutukan” Menjadi “Berkah”

NetizenPosts, Jakarta, 20/12/2026 ;

Bertempat di Merchantile, WTC, Jakarta, Prof Dr Rhenald Kasali meluncurkan buku barunya berjudul “Curse To Blessing”. Buku ini merupakan seri buku transformasi manajemen yang ditulis Guru Besar Manajemen Strategik, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia ini.

Dalam sambutannya Prof Rhenald menceritakan ide awal menulis buku tersebut yang diinspirasi dari sepak terjang Bupati Bojonegoro, Suyoto (atau lebih dikenal dengan Kang Yoto) , yang menjadikan kabupaten miskin menjadi kabupaten dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Jawa Timur.

“Bojonegoro telah berhasil mentransformasi dirinya dengan mengubah ‘kutukan’ minyak dan gas menjadi ‘berkah’ bagi masyarakatnya”, demikian tutur Prof Rhenald dalam sambutannya.


img_0295

Peluncuran Buku “Curse to Blessing” karya Prof Dr Rhenald Kasali di Merchantile, World Trade Center, Jakarta (20/12/2016)


“Ekonomi kami tumbuh dari minus di awal pemerintahan saya menjadi 17% per tahun pada tahun ini, sehingga kami menjadi salah satu kabupaten dengan pertumbuhan ekonomi yang tertinggi di Jawa Timur, mungkin di Indonesia”, kata Kang Yoto dalam sambutannya sambil tersenyum bangga yang mendapat tepuk tangan dari hadirin.

“Kami berusaha sekuat tenaga untuk tidak menggantungkan sepenuhnya pada keberadaan migas yang ada di Bojonegoro dengan memaksakan masyarakat yang sebagian besar masih tergolong berpendidikan rendah untuk bekerja di  perusahaan migas. Tetapi kami memanfaatkan hasil migas itu untuk pengembangan sumberdaya manusia melalui pendidikan dan pelatihan serta pengembangan usaha asli masyarakat di sana dengan mengembangkan dan memajukan sektor pertanian dan peternakan, sehingga kami berani mencanangkan visi Bojonegoro menjadi ‘lumbung pangan dan energi Indonesia’ “, tambah Bupati yang pernah menjadi pembicara tentang konsep kepemimpinan daerah di forum PBB dan beberapa kampus terkenal di Amerika dan Eropa.

Peluncuran buku yang diisi dengan diskusi yang dipandu oleh Leonard Samosir itu menghadirkan pakar dan pengamat manajemen dari Universitas Indonesia, Prof Dr Ari Kuncoro dan Prof Dr Arief Munandar.

Tanpa ragu lagi mereka sepakat bahwa apa yang dilakukan Suyoto adalah transformasi birokasi yang mengakar pada kearifan lokal dengan memanfaatkan sumber daya alam untuk membangun sumber daya manusia dan infrastruktur yang dipetlukan dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan.

Dalam penutupannya, Rhenald Kasali berharap buku ini dapat menjadi referensi bagi kepala daerah lainnya dalam mengelola sumberdaya alam di daerahnya untuk kemajuan masyarakat dan mendatangkan manfaat bagi generasi penerusnya. *** (NP-001)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s